Issue

Kaset Awards, Penghargaan Musik Versi Jurnalis untuk Pelaku Industri Musik Indonesia

WARTAMUSIK.com – Jakarta. Jaringan Jurnalis Musik meluncurkan website Kaset Awards untuk menegaskan eksistensi mereka selama satu tahun terakhir ini.

Diluncurkan di Creative Hall M Bloc Space Jakarta, (17/03/2023), Jaringan Jurnalis Musik juga kembali mempresentasikan ajang Kaset Awards yang mereka deklarasikan sejak Agustus tahun lalu.

Kaset Awards merupakan penghargaan yang diberikan Jaringan Jurnalis Musik kepada para pelaku industri musik Indonesia. Adapun Jaringan Jurnalis Musik sendiri kini beranggotakan sekitar 50 jurnalis yang berbasis di Jakarta, Bandung, Malang, Makassar, Purwokerto, Yogyakarta hingga New York, Amerika Serikat.

Baca Juga : Penonton Hammersonic Tahun Ini Menjadi Salah Satu yang Terbaiknya bagi Slipknot!

Andree Stroo, inisiator Kaset Awards/Jurnalis menjelaskan, ini adalah salah satu bentuk apresiasi dari jurnalis musik kepada pelaku industri musik di Tanah Air. 

“Sekaligus sebagai wadah untuk menciptakan ekosistem bermusik yang terintegrasi antara pelaku, pembuat event musik, sponsor, label musik, manajemen artis dan tentunya jurnalis/media musik,” jelasnya.

Sejumlah musisi seperti The Rain, Marion Jola, dan Nadya Fatira turut memeriahkan acara yang juga didukung oleh M Bloc Space dan M Bloc Market ini.

Saat ini, di Indonesia hanya ada satu ajang penghargaan (award) untuk musik yang jadi acuan, yakni Anugerah Musik Indonesia atau AMI. Dengan adanya Kaset Awards, para pelaku industri musik diharapkan lebih militan lagi dalam berkarya dan ekosistem industri musik Tanah Air semakin menggeliat.

“Di beberapa negara besar, mereka memiliki lebih dari satu award musik di mana setiap award memiliki  karakteristik tersendiri. Adapun Kaset Awards, para pemenangnya dipilih berdasarkan kacamata para jurnalis,” lanjut Andree Stroo.

Baca Juga : Beri Semangat ke Anak Muda untuk Wujudkan Mimpi, Andrea Tanzil Rilis Single ‘Uneasy’

Mempresentasikan ajang Kaset Awards kepada para pelaku industri musik Tanah Air, khususnya label rekaman, dirasa perlu dilakukan agar dua entitas ini berintegrasi satu sama lain. Karena, label rekaman masih dominan memproduksi talent-talent baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *